Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Jember, Edy Budi Susilo saat dikonfirmasi terkait penurunan warga miskin di Jember. (Foto. Supianik)

Pemkab Jember Optimis Target Penurunan Kemiskinan Selama 5 Tahun Bakal Tercapai

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk  miskin di kabupaten Jember dari tahun 2015 ke 2016 mengalami penurunan. Dari 269.540 orang (11,22) persen di tahun 2015, turun menjadi 265.100 orang (10,97) persen tahun 2016.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Jember, Edy Budi Susilo, menerangkan, meskipun hanya 0,25 persen namun menurunkan angka kemiskinan sebesar 1 digit  dari 11,22 persen  ke 10,97 persen diakui sangat luar biasa.

“Apalagi ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan terukur,” katanya.

Menurut Edy, keberhasilan tersebut bukanlah hasil dari kerja singkat, melainkan keterkaitan upaya yang sudah dilakukan dari periode-periode sebelumnya. Langkah Pemkab Jember yang dituangkan dalam bentuk program kerja terbukti berhasil menurunkan jumlah kemiskinan.

Edy menambahkan, jika Pemkab Jember sebenarnya mematok target penurunan angka kemiskinan selama 5 tahun masa RPJMD  sebesar 1 persen.  Ketika saat ini sudah tercapai dikisaran angka 10 persen, maka hal ini membuat pihaknya semakin bersemangat.

“Pada tahun 2021 mendatang angka kemiskinan di kabupaten Jember bisa kurang dari 10 persen,” ujarnya.

SUPIANIK 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Sempat Ditutup Untuk Peningkatan Sarana, Pemesanan Tiket KA Blambangan Ekspres Kini dibuka Kembali

Tiket kereta api Blambangan Ekspres relasi Stasiun Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng PP keberangkatan 18-30 Juni 2024 sudah dapat kembali di pesan oleh para pelanggan mulai hari ini 12 Juni melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, loket box ataupun channel pemesanan resmi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *