Bupati Jember Faida bersama Branch manajer BTN Cabang Jember Holiosri, saat menyerahkan tabungan untuk program E-retribusi pasar. Senin, (06/11) (Foto. Supianik)

Cegah Pungli, Pemkab Jember Terapkan Pembayaran Retribusi Pasar Menggunakan E-Retribusi

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) Pemkab Jember melakukan pembenahan tata kelola keuangan pasar tradisional dengan menerapkan sistim pembayaran retribusi elektronik (E-retribusi).

Bupati Jember, Faida, menerangkan, dengan E-retribusi, penarikan retribusi pasar tidak lagi dilakukan secara manual namun sudah menerapkan sistim digital banking dalam transaksi pembayarannya.

Baca Juga. Akhir Tahun 2017, Revitalisasi Pasar Tradisional di Kabupaten Jember Rampung

Sistim E-retribusi itu, lanjut Faida, akan mengurangi kekurangan yang terjadi pada pembayaran retribusi manual, seperti tingginya biaya transportasi petugas, biaya cetak karcis.

“Bahkan kebocoran retribusi dapat dihindari  sekaligus meningkatkan transparansi dan kepercayaan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Branch Manager Bank BTN Cabang Jember, Holiosri, menyatakan dengan E-retribusi pedagang pasar akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran retribusi.

Baca Juga. Tindak Lanjuti MoU, Polres Jember Minta Bhabinkamtibmas Awasi Dana Desa

Menurut Holiosri, masyarakat tidak perlu dengan uang tunai cukup membayar menggunakan kartu. Dilihat dari sisi Pemkab Jember juga akan lebih mudah melakukan pengawasan karna saldo pembayaran bisa langsung dipantau melalui rekening bank.

“Sehingga potensi adanya permufakatan jagat untuk korupsi dapat diminimalisir,” ujarnya.

Lebih lanjut Holiosri menyatakan akan melakukan sosialisasi kepada pedagang agar lebih memahami E-retribusi itu. Mengingat,  sesuai perkembangan zaman sistim pembayaran non tunai seperti itu  sudah sangat lazim dimasyarakat.

SUPIANIK


About Fareh Hariyanto

Check Also

Sempat Ditutup Untuk Peningkatan Sarana, Pemesanan Tiket KA Blambangan Ekspres Kini dibuka Kembali

Tiket kereta api Blambangan Ekspres relasi Stasiun Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng PP keberangkatan 18-30 Juni 2024 sudah dapat kembali di pesan oleh para pelanggan mulai hari ini 12 Juni melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, loket box ataupun channel pemesanan resmi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *