Hewan Qurban

Jelang Hari Raya Qurban, Peternak Ngeluh Harga Hewan Anjlok

Bintangtenggara.net – Tak sampai sebulan lagi jelang hari Raya Idul Adha atau hari raya Qurban, peternak di berbagai daerah menegluhkan harga ternak anjlok di pasaran.

Sejumlah Peternak di Banyuwangi mengeluhkan harga hewan kurban yang anjlok jelang Idul Adha tahun ini.

Seperti harga kambing jenis domba dengan usia dewasa dan ukuran besar harganya kini hanya diangka Rp 2 – 2,5 juta per ekor. Padahal di tahun 2023 lalu harganya bisa mencapai Rp 4 juta per ekor.

Nuryanto (51) mengatakan kondisi tersebut dikarenakan jumlah ternak yang melimpah di Banyuwangi. Ditambah lagi dengan adanya hewan ternak dari luar kota yang masuk ke Banyuwangi.

Nuryanto berharap pemerintah bisa memfasilitasi pasar, di mana peternak bisa menjual hewan ternaknya dengan harga bersaing.

Sementara Sunandar (47) salah satu pengepul hewan kurban Banyuwangi membenarkan bahwa harga hewan kurban tahun ini mengalami penurunan. Ia menduga karena permintaan pasar menurun.

kondisi ini juga jadi perhatian serius bagi pemkab banyuwangi, pihak dari pemkab akan terus memantau harga ternak dipasaran.

Pihkanya agak kesulitan mengintervensi pasar lantaran harga ditentukan oleh penyedia barang dan konsumen.

Untuk saat ini, solusi yang dilakukan pemerintah daerah adalah dengan berupaya menjaga kecukupan barang dan meningkatkan kualitas produk. (Gal/RBT)

About M Handoyo

Check Also

Jelang Puncak Haji, Koodinator Lansia Lakukan Koordinasi Dengan Petugas Kloter SUB-58

Jelang puncak haji, koodinator lansia sektor 10 Dendy W melakukan koordinasi dengan Petugas Kloter SUB-58 dan visitasi Jamaah Haji yang di usulkan safari wukuf, Kamis (13/06/2024) yang diusulkan petugas kloter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *