Pastikan Keamanan Jelang Idul Adha, Kalapas Banyuwangi Kontrol Blok Hunian

Bintangtenggara.net – Menjelang perayaan Idul Adha, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi, Agus Wahono memastikan Lapas berada dalam kondisi yang aman dan kondusif dengan melakukan kontrol ke blok hunian, Kamis (13/6).

Didampingi Kasi Admin Kamtib, Komandan Jaga, dan Taruna Poltekip, kontrol dilakukan secara menyeluruh pada setiap kamar hunian dan area sekitar blok hunian.

“Tujuannya untuk memastikan keamanan dan ketertiban dalam Lapas, terlebih lagi beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha,” ujar Agus.

Agus menyebut, kegiatan itu juga menjadi salah satu bentuk deteksi dini, sehingga apabila terdapat hal-hal yang sekiranya menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) dapat segera ditindaklanjuti.

“Deteksi dini merupakan hal yang sangat penting dalam memetakan potensi gangguan kamtib dan mencegah agar hal tersebut tidak terjadi,” ungkapnya.

Pada momen Hari Raya Idul Adha, di Lapas Banyuwangi akan menggelar Sholad Id bagi petugas dan Warga Binaan, serta kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

“Karenanya sangat penting untuk memastikan keamanan di dalam Lapas, sehingga serangkaian perayaan Idul Adha dapat diselenggarakan dengan tertib,” ucapnya.

Melalui kontrol tersebut, Agus juga menjalin pendekatan persuasif dengan Warga Binaan melalui dialog mengenai kondisi pada blok hunian, kondisi kesehatan, hingga pemenuhan hak pada masing-masing Warga Binaan.

“Melalui pendekatan persuasif, kami juga menyampaikan bahwa ada hal-hal yang harus dipatuhi oleh Warga Binaan dalam menjalani pembinaan di Lapas, seperti larangan penggunaan alat komunikasi dan upaya penyelundupan barang terlarang,” imbuhnya.

Menurutnya, jika kondisi kamtib di Lapas yang berada dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Jatim itu selalu dalam keadaan yang aman dan kondusif, maka kegiatan pembinaan juga akan berjalan dengan maksimal.

“Sehingga upaya kami untuk memberikan pembinaan sebagai bekal bagi Warga Binaan ketika bebas nanti dapat kami jalankan dengan baik,” tandasnya. (Han/RBT)

About M Handoyo

Check Also

Modus Pura Pura Cari Kosan, Pasutri Bawa Kabur Motor Penguhuni Kos di Gambiran

Nasib Naas menimpa mahasiswa asal Gambiran Ridwal Maulana 21, motor miliknya di bawa kabur orang tidak dikenal pada Kamis 20 Juni 2024 sore. Kejadian tersebut terjadi di tempat kos desa Wringinagung, Gambiran Banyuwangi. AKP Badrodin Hidayat Kapolsek Gambiran menyampaikan, awalnya, Kamis 20 Juni 2024, sekitar pukul 16.00 wib, suami istri (Pelaku) yang tidak dikenal dan mengaku berasal dari Karang Anyar Jateng dengan mengendarai sepeda motor datang ke kos kosan milik PAK SUROSO".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *