Inilah cek dan beberapa dokumen palsu yang ditemukan Yanto, Rabu (3/8) pagi.

Cek Palsu Kembali Beredar di Gambiran

Gambiran – Warga Dusun Glowong, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran kembali diteror dengan beberapa dokumen penting berupa cek, surat kolektip dan SIUP palsu , Rabu (3/8) pagi.

Seperti yang dialami oleh Yanto, 50, ia menemukan dokumen di dalam amplop berwarna coklat didepan rumahnya pada saat akan membuka toko. “Tadi malam itu lho belum ada, lha kok pagi ini tiba tiba saya nemu amplop,” katanya sambil menunjukan amplop yang ditemukan.

Disebutkan Yanto, dalam amplop itu ditemukan cek senilai Rp 2,7 miliar bernomor 2090464 yang tertulis dari Citibank KCP Samarinda serta terdapat dua surat, yakni Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atas nama PT Teknik Duta Utama yang beralamat di Jalan Boelevard No. 57 Samarinda, Kalimantan Timur, dengan Presiden Direktur Ir. Broto Seno dan Surat Kamar Dagang Industri Kota Samarinda. Selain itu dalam dokumen tersebut juga terdapat nomer telepon.

“Saat saya hubungi dan berbincang lama dengan pemilik dokumen, saya disuruh ke ATM, ya gak mau saya” pungkasnya.

Biasanya, jika orang awam yang menemukan dokumen ini langsung menghubungi nomer yang tertera di dalam dokumen. Saat dihubungi itulah pelaku melancarkan aksinya, dengan nada memohon pelaku biasanya meminta agar cek beserta dokumen tersebut dikembalikan ke dirinya dengan iming-iming imbalan berupa uang yang jumlahnya cukup fantastis.

Penemu surat itu kemudian oleh pelaku diarahkan ke ATM dan akhirnya diminta untuk mentransfer uang ke rekening pemilik surat tersebut.

Perlu diketahui, modus yang dilakukan ini adalah modus lama yang sudah sering digunakan para pelaku kejahatan diberbagai kota di Indonesia untuk menipu korbannya. Jadi jika anda menemukan amplop dengan isi di dalamnya berupa cek, surat tanah, SIUP dan sejenisnya jangan langsung percaya.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Ketahuan Warga Curi Buah Naga, Pelaku Panik Motor di Tinggal Pencuri Kabur

Pencurian puluhan buah naga terjadi di wilayah Desa Kedunggebang dan Sumberkepuh, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi Jumat (21/6/2024). Pak Mistun warga setempat menyampaikan, bahwa dini hari sekitar pukul 03.00 WIB warga sempat mengejar pelaku yang menggunakan sepeda motor disertai tobos di wilayah Sumberkepuh.

One comment

  1. saya juga menemukan amplop yang sama,isinya jg sama,saya menemukan di depan rumah saya,di jalan raya palengaaan larangan badung pamekasan madura.tp alhamdulillah sy tdk menghubungi no telpon yang tertera di surat itu,dan terimakasih jg atas informasi dari mas,sy jd tau kalo ternyata ini hanya kedok penipu,dan kalo begitu saya bakar saja dah amplop+dokumen dokumen palsunya,dan semoga yang punya niatan jahat jg kebakar deh,aamiin aamiin ya robbal aalaamiin………!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *