Puluhan anak-anak dari Dusun Srono nampak antusias mengikuti arahan dari Pemuda Karang Taruna Desa Kebaman, Minggu (15/1) pagi.

‘Perpustakaan Keliling Dusun’ Inovasi Baru Karang Taruna Desa Kebaman

Radiobintangtenggara, SRONO – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Desa Kebaman, Kecamatan Srono, mengadakan acara keliling dusun untuk berbagi pengetahuan dan wawasan kepada anak anak dusun dengan memanfaatkan buku dari perpustakaan Desa Kebaman bantuan dari pemerintah pusat, Minggu (15/1) pagi.

Acara yang digelar mulai pukul 07.00 WIB ini, masuk dalam agenda rutin Karang Taruna Desa Kebaman, selain Balai Baca dan Balai Belajar (B4) yang juga dilaksanakan pada hari Minggu pagi. Kegiatan yang mereka namakan “Perpustakaan Kelililing Dusun” ini, diawali dari Dusun Srono.

Untuk memberdayakan masyarakatnya, pemuda Karang Taruna ini juga tak kehabisan ide, dalam aksinya tersebut, mereka juga menggandeng perguruan silat Tapak Suci Srono untuk ikut ambil bagian dalam agenda ini.

Terbukti cara ini ampuh untuk menggaet puluhan anak-anak dari Dusun Srono, untuk ikut belajar dan membaca buku yang disediakan oleh Karang Taruna.

“Saya senang sekali ada acara ini, bisa menambah wawasan dan pengetahuan,” kata Andini salah seorang siswi SD di salah satu sekolah di Desa Kebaman, Kecamatan Srono.

Ketua Karang Taruna Desa Kebaman, Rifqi Nuril Huda mengatakan, acara ini digelar dua minggu sekali di tiap tiap dusun di Desa Kebaman. “Terus kami agendakan secara berkala ke dusun-dusun lain di Desa Kebaman ini, agar para generasi penerus bangsa ini menjadi sosok yang gemar membaca, karena dengan membaca bisa membuka wawasan kita,” tambahnya.

Selain itu agenda lain yang dilakukan adalah latihan menari bersama Cak Pur yang merupakan instruktur seni dari Sanggar Tari Kidung Piwulang Srono. Namun khusus agenda tari ini dilaksanakan dalam seminggu sekali pada hari Minggu pagi yang bertempat di Pendopo Balai Desa Kebaman.

Uniknya, setelah selesai melakukan latihan tari, para peserta tidak lantas langsung pulang, mereka disediakan buku bacaan di sekitar pendopo. Tujuannya sambil beristirahat mereka juga mendapat pengetahuan.

Sekedar diketahui dusun yang ada di Desa Kebaman ada lima, yakni Dusun Sukomukti, Krajan, Blangkon, Srono, dan Kebaman. Secara bergiliran tiap dusun tersebut akan terjadwal di datangi oleh pemuda Karang Taruna. (riz)

About Rima Indah

Check Also

Diduga Konsleting Listrik, Sebuah Rumah Warga Singojuruh Terbakar

Di kabarkan oleh relawan Pusdalops BPBD Singojuruh pagi ini sedang melakukan bersih-bersih rumah warga yang mengalami bencana kemarin (18/06) yaitu kebakaran dapur rumah. Info yang didapatkan dari anggota Pusdalops BPBD setempat, dugaan awal kebakaran rumah diakibatkan adanya Konsleting Listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *