Sejumlah pemangku kepentingan ikut dalam acara di Balai Diklat Kelautan dan Perikanan Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

BPBD Provinsi Jawa Timur Gelar Diklat Kesiapsiagaan Bencana Gunung Api Ijen di Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, Wongsorejo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan penyusunan rencana kontingensi ancaman bencana erupsi Gunung Api Ijen, di Balai Diklat Kelautan dan Perikanan Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan yang digelar mulai Selasa hingga Kamis (14-16) Maret 2017 ini, diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan. Baik dari unsur pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, serta  pelaku dunia usaha di kawasan rawan bencana Gunung Api Ijen, yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

“Penyusunan dokumen rencana kontingensi ini sangat diperlukan sebagai pedoman bagi semua pemangku kepentingan dalam memperkuat kesiapsiagaan mengantisipasi peristiwa bencana,” kata Sudarmawan, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, di Balai Diklat Kelautan dan Perikanan Bangsring, Wongsorejo, Selasa (14/3).

Menurut Sudarmawan, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, semua yang terlibat dalam penanganan bencana bisa berperan sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing secara teratur, terarah, terpadu berdasarkan kesepakatan bersama dan prosedur operasional yang ditetapkan.

Sehingga, lanjut dia, penyelenggaraan penanggulangan bencana dapat berjalan efektif untuk menolong, menyelamatkan, mengevakuasi, membantu dan memulihkan.

“Pada akhirnya diharapkan tidak ada korban jiwa, kerugian berkurang dan kerusakan akibat bencana Gunung Api Ijen bisa segera dipulihkan,” pungkasnya.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Ketahuan Warga Curi Buah Naga, Pelaku Panik Motor di Tinggal Pencuri Kabur

Pencurian puluhan buah naga terjadi di wilayah Desa Kedunggebang dan Sumberkepuh, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi Jumat (21/6/2024). Pak Mistun warga setempat menyampaikan, bahwa dini hari sekitar pukul 03.00 WIB warga sempat mengejar pelaku yang menggunakan sepeda motor disertai tobos di wilayah Sumberkepuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *