Bupati Amin Said Husni, lewat penggunaan aplikasi SAID diharapkan mampu meningkatkan perekonomian serta keluar dari status daerah tertinggal pada 2018. (Foto: Repro.)

Luncurkan Aplikasi SAID, Pemkab Bondowoso Diharapkan Mampu Pecahkan Kompleksitas Desa

Radiobintngtenggar.com, BONDOWOSO – Guna meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang baik, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur telah menyiapkan aplikasi mutakhir bernama Sistem Administrasi dan Infomasi Desa (SAID).

Aplikasi tersebut resmi diluncurkan oleh staf ahli Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, Bidang  Pembangunan Dan Kemasyarakatan, Ir. Ansar Husain. Senin, (10/07).

Acara yang diselenggarakan di pendopo Kabupaten Bondowoso itu dihadiri oleh segenap jajaran Fokompimda Kabupaten Bondowoso dan dinas terkait lainnya.

Ir. Ansar Husain, mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Bondowoso dengan trobosan barunya itu. Ia berharap SAID dapat menjadi formula untuk memecahkan masalah komplek yang terjadi di desa.

“Mengingat angka kemiskinan di desa lebih besar dari pada perkotaan,” katanya.

Baca. OPTIMIS, 2018 Bondowoso Keluar dari Status Daerah Tertinggal

Ansar menambahkan, usia kerja produktif yang dimiliki desa bisa dapat diberdayakan dengan maksimal. Hal itu dapat terwujud jika seluruh elemen masyarakat Bondowoso turut serta berpartisipasi mensukseskan program pemerintah itu.

Selain itu, lanjut Ansar, dengan dukungan masyarakat sehingga dapat memberikan penyadaran bagi warga guna meningkatkan taraf hidup masyrakat melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sehingga dengan didukung SDM yang baik, akan semakin idela tercapainya tujuan ini,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Usaha Lontong di Desa Karangsari, Potret Sentra Produksi Padat Karya dari Warga Banyuwangi

Di Dusun Karanganyar, yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu Tercatat 28 industri lontong rumahan yang memasok seluruh Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *