Petani Garam saat mengolah hasil garam di salah satu pusat penghasil garam. (Foto. Repro)

Guna Stabilkan Harga, Puluhan Ribu Ton Garam Impor Australia Jadi Acuan

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Berdasarkan pantauan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Jember kenaikan harga garam di kabupaten Jember terjadi mulai minggu kedua bulan Juni.

Saat itu harga garam halus yang biasanya dijual dengan harga seribu rupiah perkemsan 250 gram, semakin lama semakin menunjukan kenaikan harga. Hingga pada awal Agustus ini harganya mencapai Rp 4 ribu hingga Rp 5. ribu perkemasan 250 gram.

Baca Juga. Guna Mengendalikan Inflasi Paska Lebaran, TPID Jember Lanjutkan Program Hingga Akhir Tahun

Kepala Distribusi Statistik, BPS Jember Candra Birawa saat ditemui radiobintangtenggara.com. Rabu, (02/08) mengatakan, jika pada bulan Agustus harga garam belum juga turun, bisa dipastikan garam kembali akan menjadi komoditas  penyumbang inflasi di kabupaten Jember.

“Hal ini diakibatkan anomali cuaca yang terjadi hingga pasokan garam menipis,” katanya.

Ia menambahkan, kebijakan pemerintah melaui Kementrian Perdagangan yang  sudah  melakukan impor garam dari Australia sebanyak 75.000 ton, diharapkan mampu menekan lonjakan harga garam.

Candra optimis, jika 75.000 ton garam impor tersebut sampai di kabupaten Jember,  maka harga dipasaran bisa terkendali. Hal tersebut akan berimbas pada stabilitas harga garam.

“Sehingga garam tak menjadi penyumbang inflasi kembali,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Sempat Ditutup Untuk Peningkatan Sarana, Pemesanan Tiket KA Blambangan Ekspres Kini dibuka Kembali

Tiket kereta api Blambangan Ekspres relasi Stasiun Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng PP keberangkatan 18-30 Juni 2024 sudah dapat kembali di pesan oleh para pelanggan mulai hari ini 12 Juni melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, loket box ataupun channel pemesanan resmi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *