Made Mangku Pastika dalam perayaan Independence Day of India, di ARMA, Ubud, Bali. (Foto. Repro)

Pastika Ingin Bangun Baliwood Agar Miliki Kemiripan dengan Bollywood

Radiobintangtenggara.com, BALI – Guna perayaan 70 tahun Kemerdekaan India, Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap kedepan kerjasama India dan Indonesia khususnya Bali bisa terus ditingkatkan dan persaudaraan antar keduanya juga semakin mantap, mengingat secara psikologis memang telah terjalin sebagai sebuah keluarga.

Hal itu disampaikan Made Mangku Pastika dalam perayaan Independence Day of India, di ARMA, Ubud, Bali.  Acara yang turut juga didampingi oleh Ny. Ayu Pastika, Ia menyampaikan jika selama ini Bali dan India punya banyak kemiripan, terutama di bidang Agama Hindu dan Kebudayaan.

Baca Juga. Pemprov Bali Peringati Hari Raya Saraswati

Lebih lanjut, Pastika  mengatakan bahwa Bali dan India memiliki berbagai prestasi kerjasama yang dapat dibanggakan, terutama kontribusinya bagi pembangunan di Bali.

“Sudah menjadi kewajiban masyarakat dan pemerintah Daerah untuk terus menjaga kerjasama ini,” katanya.

Ke depan, Pastika  juga berharap akan tetap berlangsung program-program kemitraan strategis yang digagas dalam mendukung program pembangunan Bali, sejalan dengan berkembangnya Bali sebagai daerah pariwisata internasional.

Tak lupa, Pastika juga menyampaikan Dirgahayu ke 70, Kemerdekaan India. Pada akhir pidatonya, Gubernur Pastika sempat berkelakar berharap bisa membangun Baliwood agar memilki kemiripan dengan Bollywood.

Baca Juga. Ratusan Napi Kerobokan, Dapat Remisi Tahunan

Sementara sebelumnya, Konsul Jendral India untuk Bali, R.O Sunil Babu, menyatakan kebanggannya untuk kesekian kali bisa merayakan hari kemerdekaan India di Pulau Dewata.

Ia tidak menampik jika Bali dan India memang memiliki kedekatan yang cukup erat secara psikologis, karena mayoritas pemeluk Agama di Bali adalah Hindu yang berasal dari India.

“Hingga saat ini India dan Indonesia terus memantapkan kontribusinya di kancah internasional, terutama di bidang demokrasi,” ujarnya.

Baca Juga. Dria Raba Bali, Gelar Lokakarya Musik

Di samping itu, Sunil Babu juga menyampaikan bahwa India mempunyai banyak kekayaan SDM dan budaya yang telah mendunia. Ke depan, Ia berharap kontribusi-kontribusi India bisa terus ditingkatkan, terutama untuk Bali di bidang Agama, Pendidikan, Kebudayaan hingga Pariwisata.

YULIUS MARTONI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Usaha Lontong di Desa Karangsari, Potret Sentra Produksi Padat Karya dari Warga Banyuwangi

Di Dusun Karanganyar, yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu Tercatat 28 industri lontong rumahan yang memasok seluruh Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *