Warga Bersiap Mengungsi, mengingat meningkatnya aktifitas Gunung Agung di Karang Asem Bali. Senin, (18/09). (Foto. Yulius Martoni)

Banyuwangi Siap Jadi Daerah Rujukan Pengungsi Gunung Agung Bali

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI  – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur siap menampung pengungsi atau warga Bali yang terdampak aktivitas vulkanik Gunung Agung yang dalam sepekan terakhir statusnya meningkat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko, usai membuka Festival Layang-Layang di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/9/2017).

Menurut Yusuf, Pemkab Banyuwangi siap menampung jika hal itu terjadi, meski secara teknik penanganannya ada di BPBD Banyuwangi. Pihaknya tidak menjelaskan secara rinci kesiapan itu, dan menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

“Hal ini akan kami komunikasikan lebih lanjut kepada BPBD,” katanya.

Baca Juga. Penulis Buku Ini, Berikan Mata Air Keteladanan di Bumi Blambangan

Sebelumnya, Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara melalui Pertamina Peduli juga telah menyalurkan bantuan kepada para pengungsi di sejumlah tempat pengungsian.

General Manager Pertamina MOR V Herman M Zaini mengatakan bantuan yang diberikan di antaranya selimut, obat obatan, paket sembako, perlengkapan dapur umum berupa kompor dan tabung gas dan pembangunan sarana MCK di Tempat pengungsian Manggis, senilai Rp165 juta.

HERMAWAN

About Fareh Hariyanto

Check Also

Diduga Konsleting Listrik, Sebuah Rumah Warga Singojuruh Terbakar

Di kabarkan oleh relawan Pusdalops BPBD Singojuruh pagi ini sedang melakukan bersih-bersih rumah warga yang mengalami bencana kemarin (18/06) yaitu kebakaran dapur rumah. Info yang didapatkan dari anggota Pusdalops BPBD setempat, dugaan awal kebakaran rumah diakibatkan adanya Konsleting Listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *