Pemkab Banyuwangi kembali buka Beasiswa Banyuwangi Cerdas. (Foto. Pemkab Banyuwangi)
Pemkab Banyuwangi kembali buka Beasiswa Banyuwangi Cerdas. (Foto. Pemkab Banyuwangi)

Pemkab Buka Kembali Beasiswa Banyuwangi Cerdas

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Beasiswa pendidikan S1 untuk anak muda di Banyuwangi kembali dibuka. Beasiswa Banyuwangi Cerdas ini diberikan kepada pelajar Banyuwangi yang ingin melanjutkan kuliah tetapi tidak mampu secara ekonomi.

“Kriteria utama yang bisa mengakses Beasiswa Banyuwangi Cerdas adalah anak dari keluarga tidak mampu, tetapi punya potensi dan prestasi,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno, saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara. Rabu, (20/1/2021).

Program beasiswa yang sudah diluncurkan sejak 2011 ini menjalin kerjasama dengan empat universitas, yakni, Universitas Jember (UNEJ), Universitas Islam Negeri Jember, Universitas Terbuka di Jember, serta Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. 

Sejak diluncurkan, tak kurang 1.800 anak muda yang mendapatkan program ini. Anggaran yang dikucurkan total sudah mencapai Rp 26,25 miliar.

Pendaftaran program Beasiswa Banyuwangi Cerdas dibuka mulai 20 Januari sampai 10 April 2021. Kuotanya ditentukan dari masing-masing perguruan tinggi.

Ia menjelaskan bagi pemuda di Banyuwangi yang ingin mengakses beasiswa ini harus menyerahkan formulir pendudkung seperti biodata orang tua, pekerjaan, rekening listrik, dan foto rumah dari berbagai sisi.

“Nantinya ada tim khusus yang akan mensurvey ke lokasi,” ucapnya.

Selain itu, mereka harus lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Peserta program Beasiswa Banyuwangi Cerdas ini akan mendapatkan alokasi dana Rp 12 juta per mahasiswa per tahun.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

Perbaikan di Ruas Jalan Ahmad Yani Banyuwangi untuk Even Balap ITdBI 2024 terus dikebut. (Foto. Ebta Andharisandi)

Dinas PU-CKPP Banyuwangi Kebut Perbaikan Jalan Menjelang International Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Permukiman dan Perumahan (PU-CKPP) Banyuwangi terus mempercepat perbaikan jalan jelang perhelatan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *