Viral pemandangan aneh fenomena awan berlubang di langit Jember

Langka! Awan Cavum Terlihat di Langit Jember, Prakirawan BMKG Bwi Ingatkan Masyarakat Tidak Mengkaitkan Hal Mistis

Radiobintangtenggara.net – Viral pemandangan aneh fenomena awan berlubang di langit Jember. Gambar-gambat awan berlubang itu tayang berbagai media sosial Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Prakirawan BMKG kelas 3 Banyuwangi YUSTOTO WINDIARTO melalui On Air Rabu (05/06) pagi menyampaikan, Selasa (4/6/2024) pagi kemarin, di wilayah langit Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, terdapat fenomena alam yang cukup unik, yaitu adanya lapisan awan yang berlubang.

Fenomena awan yang terjadi tersebut, merupakan awan yang biasa disebut dengan awan cavum. Atau dikenal juga dengan istilah awan celah melingkar, awan lubang jatuh dan awan lubang-lubang.

Secara umum, lubang pada awan tersebut lebih tampak di lapisan altocumulus atau awan menengah yang terbentuk, ketika pesawat terbang melalui lapisan awan kumuliform yang tipis dan memicu glasial.

Dimana Galsial membuat partikel awan yang berubah dari tetesan air menjadi partikel es. Sehingga muncul seperti efek domino.

Efek domino pada awan ini menciptakan celah di awan, tempat partikel es turun di ketinggian, dan terkadang melengkung karena kecepatan angin yang berbeda di ketinggian yang berbeda-beda.

“tidak ada efek negatif dengan kemunculan fenomena awan langka tersebut, diharapkan masyarakat tidak mengkaitkan dengan hal mistis”ungkap Yustoto (Han/RBT)

About M Handoyo

Check Also

Terungkap, Kambing Mati Dibuang di Gumitir Ternyata Dari Tegalsari Banyuwangi, Ini Penyebabnya

Titik terang mulai terlihat dari kasus ditemukannya bangkai puluhan kambing di Jurang Jalur Gumitir pada Kamis (06/06) kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *