Segitiga Andalan Pariwisata Banyuwangi, Akan Segera Dibangun

Banyuwangi – Menindaklanjuti kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya ke Kabupaten Banyuwangi Minggu (27/3/2016). Pemerintah pusat akan segera memulai pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata disejumlah kawasan Taman Nasional (TN) yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, lokasi yang dimaksud adalah Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), Taman Wisata Alam Gunung Ijen dan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Nantinya, tim dari lintas kementerian yang terdiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kementerian Pariwisata akan melakukan koordinasi.

Menurut Anas, Pembangunan infrastuktur yang dilakukan pada wilayah konservasi alam, harus memperhatikan aspek ekonomi warga sekitar. Sebab, Potensi Taman Nasional (TN) untuk pariwisata cukup besar, sehingga sangat perlu didukung dengan infrastruktur penunjangnya yang lebih memadai. Kawasan Gunung Ijen sendiri, pemerintah pusat berencana akan membangun troli, atau semacam kereta gantung. Ini bertujuan agar aksesibilitas wisatawan yang ingin turun menikmati Kawah Gunung Ijen semakin dimudahkan.

Segitiga andalan pariwisata Banyuwangi berada di tiga kawasan tersebut, yaitu Gunung Ijen, Pantai Plengkung dan Pantai Sukamade, yang semuanya berada di wilayah Taman Nasional. “Pengembangan infrastruktur itu harus tetap mengakomodasi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat” tandas Anas.

Sementara itu menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangun Daerah (BAPPEDA) Banyuwangi, Agus Siswanto mengungkapkan, peta jalan pembangunan infrastruktur pariwisata itu akan dibagi menjadi dua, yaitu pembangunan jangka pendek dan jangka panjang.

Reporter : Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Pelaku Pengeroyokan Pemuda di Purwoharjo Telah Tertangkap!!!

BINTANG TENGGARA – Teka teki kasus pengeroyokan Pemuda di Purwoharjo hari , senin (25/12) malam …

2 comments

  1. Mantep mas brow…isun woco teko kalimantan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *