Inilah Teluk Hijau tersebut

Berwisata ke Banyuwangi, Jangan Lupa Mampir di Teluk Hijau

Pesanggaran – Bila anda berwisata ke Banyuwangi tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Teluk Ijo yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

Obyek wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Sesuai dengan namanya, Teluk Ijo mempunyai pantai yang berwarna hijau bening, pasirnya yang putih membuat setiap orang yang berkunjung kesana pasti ingin berlama lama di pantai ini.

Bagi anda yang suka traveling, wisata Teluk ijo ini sangatlah cocok, sebab trek jalan menuju ke tempat tersebut cukup terjal dan menantang.

Namun, sepanjang perjalanan tepatnya di jalur Perkebunan Sungailembu, para pengunjung akan disuguhi sederet pemandangan yang menyejukkan mata, yakni hamparan persawahan yang luas serta beraneka jenis tumbuhan khas perkebunan seperti karet, kopi, kelapa dan kakao.

Tiket masuk ke wisata ini juga terjangkau, satu orang hanya dikenakan tarif Rp 7.500, sementara untuk kendaraan bermotor roda dua Rp 5.000, dan mobil Rp 10.000.

Untuk menuju Pantai Teluk Ijo, anda harus jalan kaki dari tempat parkir kendaraan sejauh 1 km, itupun anda harus lakukan dengan menaiki dan menuruni bukit kecil yang lumayan memacu adrenalin.

Pemandangan cukup indah dari atas bukit menuju ke Teluk Ijo
Pemandangan cukup indah dari atas bukit menuju ke Teluk Ijo

Jika cuaca sedang cerah, bukit tersebut tentu sangat bersahabat dengan kita sebab mudah untuk dilalui. Namun ketika hujan turun, bukit tersebut berubah menjadi musuh, sebab sudah dipastikan jalur licin dan berbahaya. Untuk itu jika anda berwisata ke Teluk Ijo pastikan cuaca cerah.

Tetapi jika pengunjung takut, jangan mengurungkan niat terlebih dahulu untuk tidak melanjutkan perjalanan menuju ke Teluk Ijo, ada jalur alternatif lain untuk menuju ke sana, yakni melalui jalur laut.

Para pengunjung bisa menyewa perahu yang disediakan oleh nelayan setempat untuk menuju ke Teluk Ijo. Tarifnya pun juga cukup murah yaitu hanya Rp 35.000, itupun sudah dihitung biaya pulang pergi (PP).

Jika anda berwisata ke Teluk Ijo, yang harus anda perhatikan adalah kebersihan lingkungan, jadi ketika anda berkunjung ke sana jangan pernah meninggalkan sampah apapun, tentu ini agar Pantai Teluk Ijo ini tetap indah dan hijau.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Kakak Adik Terpisah Sejak Tahun1971, Dipertemukan Oleh Pendengar RBT di Malangsari Banyuwangi

Sudah sekian kali Radio Bintang Tenggara melalui Pendengarnya bisa mempertemukan orang orang yang kesulitan mencari sanak saudaranya yang terpisah bertahun tahun. Seperti yang dialami pak Sutrisno warga Pontianak yang mencari saudara kandungnya bernama Lilik Koriyati terpisah sejak 1971.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *