Satlantas Polres Banyuwangi Bentuk Tim Saber Kota

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Satlantas Polres Banyuwangi membentuk Tim Khusus Sapu Bersih Kota (Timsus Saber Kota). Tim ini bertugas untuk menciptakan kawasan tertib lalu lintas (KTL) di kawasan Kota Banyuwangi dan zero pelanggaran lalu lintas.

Tim ini merupakan gabungan dari anggota Satlantas, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Militer  (PM). Tim ini mulai difungsikan sejak Rabu (12/4/2017). Timsus Saber Kota juga dibentuk untuk mendukung program pariwisata di Bumi Blambangan.

Pembentukan  tim ini ditandai dengan apel bersama di  halaman Mapolres Banyuwangi yang dipimpin Kasatlantas Polres Banyuwangi,  AKP Ries Andrian Yudo Nugroho. Dikatakan Andrian, kawasan KTL Banyuwangi  dibentuk berdasarkan  keputusan Bupati Banyuwangi. Lokasinya berada di pusat Kota Banyuwangi.

“Intinya Kota Banyuwangi ya KTL ini, yang berwenang tidak hanya polisi, tetapi juga Satpol PP, dan Dishub,” tegasnya.

Pihaknya menggandeng Satpol PP dan Dishub untuk mewujudkan Kawasan KTL benar-benar tertib. Satlantas juga  melibatkan PM untuk mengantisipasi  adanya pelanggaran yang dilakukan anggota TNI.

“Untuk mendukung pariwisata, sisi lalu lintas harus tertib dulu,” ujar mantan Kasatlantas Polres Situbondo.

Timsus Saber Kota akan bekerja  dengan cara patroli gabungan dan parsial yang disesuaikan dengan kerawanan yang ada. Jam yang  masuk kategori rawan adalah  pukul 19.00 – 21.00 WIB dan pukul 21.00 – 04.00 WIB.

Untuk hari yang paling rawan pelanggaran adalah  Sabtu malam dan Minggu malam.  Penekanan patroli, untuk mencari pelanggaran di wilayah kota  khususnya kawasan KTL. Sebab pelanggaran di kawasan KTL masih tinggi. Dia mencontohkan  karena jarak yang ditempuh dekat  biasanya masyarakat enggan menggunakan helm.

Tim ini akan terus hunting pelanggaran yang terjadi di wilayah kota. Jika ditemukan langsung ditindak dengan tilang. Setelah itu dilanjutkan patroli lagi.

“Tidak ada lagi teguran, semua pelanggaran langsung kita  tindak dengan tilang tanpa terkecuali. Kami ingin Kawasan KTL benar-benar tertib,” tegasnya.

Dia menambahkan, ketertiban di kawasan KTL harus berlaku selama 24 jam. Sehingga tim inipun selain aktif melakukan patroli juga  selalu siap jika setiap saat ada  laporan masyarakat.

Hermawan

About Rima Indah

Check Also

Ketahuan Warga Curi Buah Naga, Pelaku Panik Motor di Tinggal Pencuri Kabur

Pencurian puluhan buah naga terjadi di wilayah Desa Kedunggebang dan Sumberkepuh, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi Jumat (21/6/2024). Pak Mistun warga setempat menyampaikan, bahwa dini hari sekitar pukul 03.00 WIB warga sempat mengejar pelaku yang menggunakan sepeda motor disertai tobos di wilayah Sumberkepuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *