Bupati Bondowoso, Drs Haji Amin Said Husni saat melakukan panen raya kopi disalah satu kebun milik petani lokal di Kawasan Sumber Wringin Bondowoso. (Foto. M. Ansori)

Petani Kopi Rakyat, Diharapkan Bisa Terus Menjaga Kualitas Kopi Arabika

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Kopi Bondowoso telah memiliki citra yang positif di mata dunia, karena pihak luar sudah percaya terhadap kenikmatan kopi Bondowoso. Guna mencegah kepercayaan itu dicederai dengan kepentingan yang sesaat, perlu menjaga orisinalitas kopi Bondowoso.

Bupati Bondowoso, Drs Haji Amin Said Husni, mengatakan pihaknya bersyukur bahwa kopi ijen raung itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bondowoso. Mengingat semua pelaku dari perkopian itu adalah para petani. Hingga kini tercatat areal kopi yang dikerjasamakan tidak kurang dari 14 ribu hektar dan yang sudah diproduksi tujuh ribu hektar.

“Jumlahnya ini hampir separuhnya sudah diekspor ke luar negeri dan sisanya di pasarkan di Indonesia,” katanya.

Baca Juga. Kunjungi Bondowoso, Penikmat dan Pengusaha Kopi Dunia Kagumi Cita Rasa Kopi Lokal

Amin menambahkan, bagi petani kopi untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi arabika java ijen raung tersebut, sehingga kepercayaan dunia terhadap Bondowoso sebagai penghasil kopi terbaik di dunia bisa terus dipegang teguh.

Menurutnya, sudah dibukanya pasar ekonomi asia menjadi angin segar bagi petani lokal untuk dapat mengembangkan hasil pertaniannya untuk dikirim keberbagai belahan dunia. Sehingga semakin menambah pendapatan bagi petani tersebut.

“Langkah ini terus didukung oleh pemerintah, agar Kopi Bondowoso tetap berkembang,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Usaha Lontong di Desa Karangsari, Potret Sentra Produksi Padat Karya dari Warga Banyuwangi

Di Dusun Karanganyar, yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu Tercatat 28 industri lontong rumahan yang memasok seluruh Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *