Bupati Bondowoso, Drs Haji Amin Said Husni, saat menggelar panen raya kopi di wilayah Kabupaten Bondowoso bersama dinas terkait. (Foto. M Ansori)

Amin Masygul, Setiap Hotel di Bondowoso Tidak Sediakan Kopi Arabika

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni mengharapkan agar hotel-hotel di Bondowoso menyajikan kopi arabika java ijen raung.

Hal itu untuk memperkuat Bondowoso sebagai republik kopi, termasuk menumbuhkan perkopiaan di Kabupaten Bondowoso, yang dinilai mampu memberikan Multiplier Effect terhadap perekonomian Bondowoso.

Bupati Bondowoso, Drs Haji Amin Said Husni, mengaku masygul karena melihat setiap wisatawan yang berkunjung ke Bondowoso bercerita tentang keinginan mereka menikmati kopi Bondowoso, tapi sulit ditemukan ketika berada di hotel.

“Padahal, para pengunjung sudah banyak yang berfikir bahwa Bondowoso merupakan republik kopi,” katanya.

Menurut Amin, harga kopi arabika memang relatif lebih tinggi dari harga kopi biasa. Tetapi ada cara lain tanpa harus mempengaruhi efisiensi yang dikedepankan oleh pelaku industri hotel.

Jangan kemudian karena efisiensi atau karena mahal lalu kemudian tidak ada pilihan yang diberikan kepada tamu karena ingin menikmati kopi itu.

Pelaku industri hotel tidak perlu melakukan pembelian sendiri. Namun hal itu tapi bisa dilakukan dengan cara berkolaborasi antara pelaku restoran hotel dengan kelompok tani sebagai unit pengelola hasil.

“Sehingga orang bisa menikmati apa yang menjadi kekayaan Bondowoso,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Usaha Lontong di Desa Karangsari, Potret Sentra Produksi Padat Karya dari Warga Banyuwangi

Di Dusun Karanganyar, yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu Tercatat 28 industri lontong rumahan yang memasok seluruh Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *