Proses distribusi Vaksin Covid 19 di Banyuwangi. (Foto. Pemkab Banyuwangi)
Proses distribusi Vaksin Covid 19 di Banyuwangi. (Foto. Pemkab Banyuwangi)

Distribusi Vaksin di Banyuwangi Dapat Kawalan Ketat TNI/Polri

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Dinas Kesehatan Banyuwangi mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 ke 60 fasilitas kesehatan (faskes) yang melakukan pelayanan vaksinasi. Pengawalan ekstra ketat dilakukan oleh TNI Polri. Masing masing faskes mendapat pengawalan dari aparat keamanan sekitar 5 orang. 

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan pengamanan ekstra ketat ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. 

“Tentu kami berharap agar vaksin covid 19 sampai di beberapa faskes yang sudah ditunjuk. Kemarin 5400 vaksin Sinovac sudah datang dan disimpan di Dinkes. Mulai pagi tadi sudah didistribusikan,” ujarnya, Rabu (27/1/2021). 

Dijelaskan Kapolresta, pengamanan dari aparat kepolisian dilakukan oleh masing-masing Polsek. Sebagian juga ada dari Polresta Banyuwangi. Selain itu, sejak kemarin malam vaksin datang, Dinkes juga dijaga oleh aparat kepolisian dan TNI. 

“Sejak vaksin tiba tadi malam, kita lakukan penjagaan ketat di Dinkes. Kita pastikan distribusi vaksin hingga proses vaksinasi berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya. 

Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menambahkan, wilayah Banyuwangi sangat luas. Oleh karena itu perlu pengawalan ketat vaksin untuk sampai di faskes yang jauh hingga terpencil. 

“Kita harapkan adanya vaksin ini bisa memberikan harapan baru untuk bisa lepas dari Pandemi COVID-19,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, pendistribusian vaksin COVID-19 dilakukan dalam sehari ini. Sebanyak 5376 dosis vaksin COVID-19 di didistribusikan ke 60 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 45 puskesmas, 2 rumah sakit daerah, klinik dan rumah sakit swasta. 

“Sudah kita distribusikan. Kami lakukan serentak hari ini. Alhamdulillah lancar tidak ada kendala apapun,” tambahnya. 

Sementara untuk kickoff pencanangan vaksinasi akan dilakukan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Banyuwangi, Kamis (28/1/2021). 

“Kami berharap semua berjaln lancar hingga tahapan-tahapan vaksinasi,” katanya.

Selain tenaga kesehatan, Bupati Abdullah Azwar Anas, Wakil Bupati Yusuf Widiyatmoko, serta jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), mulai dari Kapolresta, Dandim, Danlanal, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Forum Komunikasi Umat Agama (FKUB) akan dilakukan vaksinasi di Pendopo Banyuwangi. 

“Tentu ini akan menjadi semangat kita bangkit dari pandemi COVID-19 ini,” pungkasnya.

Muhammad Handoyo

About Fareh Hariyanto

Check Also

Perbaikan di Ruas Jalan Ahmad Yani Banyuwangi untuk Even Balap ITdBI 2024 terus dikebut. (Foto. Ebta Andharisandi)

Dinas PU-CKPP Banyuwangi Kebut Perbaikan Jalan Menjelang International Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Permukiman dan Perumahan (PU-CKPP) Banyuwangi terus mempercepat perbaikan jalan jelang perhelatan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *