Suasana pelantikan anggota Panwascam Kabupaten Jember. (Foto. Supianik)

Lantik Anggota Panwascam, Faida Keluhkan Minimnya Kepesertaan Perempuan

Radiobintangtenggara.com, JEMBER –  Masih rendahnya minat kaum perempuan dalam demokrasi menjadi hal yang disampaikan  Bupati Jember saat pelantikan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dilaksanakan di aula kantor Dispendik Jember, Rabu siang.

Bupati Jember, Faida, menerangkan, hari ini sebanyak 93 anggota Panwascam dilantik untuk bertugas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur tahun 2018 mendatang.

Tiga orang yang mewakili tiap-tiap kecamatan  ternyata hanya  ada empat anggota Panwascam perempuan yakni dari kecamatan Pakusari, Kalisat, Semboro dan Sumbersari.

“Jumlah ini tentu saja tidak memenuhi kuota 30 persen kepesertaan perempuan dalam demokrasi,” katanya.

Baca Juga. Ayub Khan : Salah Satu Persoalan TKI Di Malaysia Karena Dipekerjakan Orang Yang Berpenghasilan Pas-Pasan

Menurut Faida, butuh dicek lagi hal yang menjadi penyebab perempuan tidak suka menjadi pengawas. Mengingat hasil demokrasi yang baik dengan pengawasan efektif mampu menghasilkan pemimpin baik yang hasilnya juga akan dinikmati perempuan.

Kedepan, lanjut Faida, ia berharap akan lebih banyak lagi perempuan yang berminat didunia demokrasi yang sehat. “Karena hal ini menjadi bagian penting pembangunan masa depan sebuah bangsa,” ujarnya.

SUPIANIK

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Sempat Ditutup Untuk Peningkatan Sarana, Pemesanan Tiket KA Blambangan Ekspres Kini dibuka Kembali

Tiket kereta api Blambangan Ekspres relasi Stasiun Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng PP keberangkatan 18-30 Juni 2024 sudah dapat kembali di pesan oleh para pelanggan mulai hari ini 12 Juni melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, loket box ataupun channel pemesanan resmi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *