Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letnan Kolonel Tarmuji, saat dikonfirmasi terkait pentingnya wawasan kebangsaan dalam peringatan HUT RI ke-72. (Foto. M. Ansori)

Letkol Tarmuji : Masyarakat Sipil Punya Hak dan Kewajiban Bela Negara

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letnan Kolonel Tarmuji, mengatakan, dalam rangka HUT RI-72 yang terpenting, bahwa masyarakat harus lebih memaknai hari kemerdekaan sebagai satu rahmat yang luar biasa dari Tuhan yang maha kuasa.

Hal itu tentu harus disyukuri dengan sebaik-baiknya, serta tindakan yang lebih mengorbankan kepentingan bangsa dan negara dari pada pribadi dan golongan.

Menurut Tarmuji, masyarakat juga memiliki hak dan kewajiban untuk bela negara, sehingga apa pun yang terjadi di Indonesia juga punya kewajiban untuk mendukung upaya keamanan di wilayah NKRI.

“Masyarakat harus turut serta menjaga semua ini,” katanya.

Baca Juga. Bukit Kalajengking Wacanakan Jadi Destinasi Wisata Unggulan Bondowoso

Tarmuji menambahkan, wawasan kebangsaan merupakan wujud kebanggaan bersama bagi Indonesia yang sudah memasuki usianya yang ke-72. Wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosial budaya, ekonomi dan politik.

Selai itu, aspek pertahanan keamanan guna mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional. “Ini menjadi langkah maju untuk negeri Indonesia,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Usaha Lontong di Desa Karangsari, Potret Sentra Produksi Padat Karya dari Warga Banyuwangi

Di Dusun Karanganyar, yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu Tercatat 28 industri lontong rumahan yang memasok seluruh Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *