Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko meninjau sejumlah desa yang akan melaksanakan pilkades serentak 2017. (Foto. Repro)

Tinjau Kesiapan Pilkades Serentak, Pemkab Berharap Pemilihan Berjalan Kondusif

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, besok Rabu (8/11). Untuk memastikan kesiapannya, Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko meninjau sejumlah desa yang akan melaksanakan pilkades.

Di antaranya Desa Kalibaru Kulon dan Desa Banyu Anyar di Kecamatan Kalibaru. Desa Jajag, Kecamatan Gambiran.  Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran.  Serta 3 desa di Kecamatan Muncar, yakni Desa  Sumber Beras, Kedungringin dan Sumbersewu.

Pilkades serentak tersebut akan diikuti 51 desa yang tersebar di 23 kecamatan. Total jumlah calon kepala desa ada 185 cakades. Sedangkan total pemilih ada 304.585 pemilih. Mereka akan mencoblos cakades pilihannya di 401 tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disediakan.

Baca Juga. Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, TNI dan Polri Gelar Bersih-bersih Makam Pahlawan

Menurut Yusuf dari hasil pantauannya, masing-masing desa telah melakukan persiapan yang optimal. Dari kunjungannya ke beberapa desa di empat kecamatan, rata-rata hari ini  telah siap 90 persen menghadapi Hari H pilkades besok.

“Hingga hari ini masing-masing telah melaporkan kesiapannya sebesar 90 persen. Finishingnya mereka kebut hingga nanti malam, seperti distribusi  kertas suara dan hal-hal kecil lainnya. Tapi semuanya sudah ready , termasuk TPS-nya dan kami pastikan besok semua berjalan dengan aman dan lancar ,” kata Yusuf.

Dalam kunjungan tersebut, Yusuf juga menekankan agar panitia betul-betul memantau kondisi di lapangan baik pra maupun pasca pilkades.

“Mohon pelaksanaannya dipantau dengan baik, termasuk para cakadesnya. Karena situasi sebelum dan sesudah pemilihan ini sangat mempengaruhi,” ujar Yusuf.

Baca Juga. Krisis Air Bersih di Banyuwangi, BPBD Perpanjang Darurat Kekeringan

Yusuf meminta agar panitia dan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) memastikan cakades  betul-betul siap untuk kalah maupun menang.  Karena tujuan menjadi kades itu adalah membangun desa bersama masyarakat.

“Bagi yang menang, rangkullah pihak yang kalah. Sedang  bagi pihak yang kalah supaya legawa dan menerima dengan ikhlas kekalahannya, sebab tujuan kita cuma satu, yakni membangun desa bersama masyarakat,” tandas Yusuf.

Yusuf juga menekankan agar setiap permasalahan yang muncul, bisa diselesaikan secara kekeluargaan di tingkat bawah.

“Kalau di tingkat bawah kondusif dan aman, maka ke depannya juga aman. Para pendukung calon juga harus selalu dipahamkan, jangan sampai berbuat anarkis, apalagi ketika calonnya dinyatakan kalah. Mereka harus bisa mengendalikan diri,” pesan Yusuf.

Baca Juga. Warga Sempu Banyuwangi, Digegerkan Penemuan Sesosok Jenazah Tanpa Identitas

Salah seorang cakades Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Budi Santoso. mengaku dia siap menghadapi pilkades besok.

“Saya ingin disini tercipta kedamaian. Kami siap menang atau kalah. Tapi saya berharap, kalah atau menang, semuanya melalui proses pemilihan yang benar, jujur dan adil. Semoga pengamanan yang diberikan untuk besok juga bisa dimaksimalkan,” ujarnya.

Desa Sumberagung sendiri memiliki 10.879 pemilih. Mereka akan melakukan pemilihan di 15 TPS. Ada 5 cakades yang akan bersaing memperebutkan suara. Antara lain Budi Santoso, Tukiman, Bayu Aris Widodo, Vivin Agustin dan Supriyono.

HERMAWAN

About Fareh Hariyanto

Check Also

Diduga Konsleting Listrik, Sebuah Rumah Warga Singojuruh Terbakar

Di kabarkan oleh relawan Pusdalops BPBD Singojuruh pagi ini sedang melakukan bersih-bersih rumah warga yang mengalami bencana kemarin (18/06) yaitu kebakaran dapur rumah. Info yang didapatkan dari anggota Pusdalops BPBD setempat, dugaan awal kebakaran rumah diakibatkan adanya Konsleting Listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *