Pemukulan gong tanda pencanangan Kampung KB di Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Senin (16/5)

Banyuwangi Sekarang Punya Kampung KB

SempuBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, siang tadi mencanangkan kampung Keluarga Berencana (KB) di Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Senin (16/5).

“Program KB tidak sekedar untuk meningkatkan peserta pengguna alat kontrasepsi dan menekan jumlah penduduk saja, tapi lebih mengarahkan serta mendidik masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam membangun keluarga agar nantinya dapat memberikan dampak strategis jangka panjang” kata Anas.

Kampung KB merupakan program nasional yang mencakup empat program yakni Pendewasaan usia nikah (PUP), Pemakaian Kontrasepsi, Ketahanan Keluarga, Peningkatan ekonomi produktif. Pencanangan program nasional ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di Banyuwangi.

Selain itu, Kampung KB juga dapat mengedukasi masyarakat tentang bahaya narkoba dan penularan HIV/AIDS. Kampung KB ini nantinya akan diintegrasikan dengan pelayanan kesehatan, mulai dari Puskesmas hingga Pos pelayanan Terpadu (posyandu). Rencananya, Kampung KB ini akan dilaksanakan di semua dusun se Kabupaten Banyuwangi.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Kakak Adik Terpisah Sejak Tahun1971, Dipertemukan Oleh Pendengar RBT di Malangsari Banyuwangi

Sudah sekian kali Radio Bintang Tenggara melalui Pendengarnya bisa mempertemukan orang orang yang kesulitan mencari sanak saudaranya yang terpisah bertahun tahun. Seperti yang dialami pak Sutrisno warga Pontianak yang mencari saudara kandungnya bernama Lilik Koriyati terpisah sejak 1971.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *