Perahu nelayan nampak berjajar di pelabuhan Muncar.

BMKG Banyuwangi Himbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

Banyuwangi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi kembali menghimbau kepada masyarakat nelayan terutama di pesisir selatan jawa untuk mewaspadai gelombang tinggi. Rabu (22/6)

Pasalnya, berdasarkan pantauan dari citra satelit, hingga sepekan kedepan BMKG mencatat gelombang tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah laut jawa selatan dan samudera hindia dengan ketinggian mencapai 2 – 4 meter.

Kepala Stasiun BMKG Banyuwangi, I Gede Agus Purbawa mengatakan, tinggi gelombang tersebut lantaran pemanasan yang terjadi di laut Australia, dipengaruhi oleh posisi matahari yang berada dibelahan bumi bagian selatan. Akibatnya berdampak terhadap menurunnya tekanan udara sehingga gelombang di laut selatan jawa semakin tinggi.

Dengan kondisi gelombang tinggi seperti ini, BMKG menghimbau kepada nelayan unutk meningkatkan kewaspadaanya, terutama yang berada di pantai selatan jawa, karena gelombang yang terjadi sangat berbahaya bagi parahu nelayan.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Ketahuan Warga Curi Buah Naga, Pelaku Panik Motor di Tinggal Pencuri Kabur

Pencurian puluhan buah naga terjadi di wilayah Desa Kedunggebang dan Sumberkepuh, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi Jumat (21/6/2024). Pak Mistun warga setempat menyampaikan, bahwa dini hari sekitar pukul 03.00 WIB warga sempat mengejar pelaku yang menggunakan sepeda motor disertai tobos di wilayah Sumberkepuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *