Satpolair Polres Banyuwangi Gelar Upacara Bendera di Pantai Bangsring

Wongsorejo – Satpolair Polres Banyuwangi bersama peserta lomba mancing mania Kapolres Banyuwangi Cup I memperingati serimonial HUT RI ke-71 di Pantai Grand Watudodol, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Kasatpolair AKP Subandi memimpin jalannya upacara yang juga melibatkan para nelayan, Kelompok Usaha Bersama Bangsringboat, Kelompok Masyakarat Pengawas (Pokmaswas) Pesona Bahari, serta sejumlah pedagang kaki lima yang menggantungkan hidup dari area wisata di perbatasan antara Kecamatan Kalipuro dan Wongsorejo.

Bahkan para pecinta traveling yang hendak snorkling di Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) juga mengikuti upacara detik-detik proklamasi.

Susunan protokoler upacara sama dengan kegiatan serupa yang digelar instansi lain. Letak perbedaannya terdapat pada pakaian peserta. Seluruh pasukan Polisi Perairan mengenakan pakaian biru-biru. Sedangkan peserta dari pemancing mengenakan pakaian khas penangkap ikan lengkap dengan jorang plus pelampung.

Menurut AKP Subandi, pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara biasanya diiringi dentuman 17 tembakan meriam. Tapi di Watudodol dentuman senjata itu digantikan dengan deburan ombak Selat Bali yang memang tengah tinggi.

“Suara ombak itu yang bikin beda. Upacara di alun-alun dan instansi sudah biasa. Saya yakin diantara peserta 80 persen baru kali ini upacara di tepi laut,” katanya saat memberikan amanat selaku inspektur upacara.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

Diduga Konsleting Listrik, Sebuah Rumah Warga Singojuruh Terbakar

Di kabarkan oleh relawan Pusdalops BPBD Singojuruh pagi ini sedang melakukan bersih-bersih rumah warga yang mengalami bencana kemarin (18/06) yaitu kebakaran dapur rumah. Info yang didapatkan dari anggota Pusdalops BPBD setempat, dugaan awal kebakaran rumah diakibatkan adanya Konsleting Listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *