Festival Gending Using agenda tahunan Pemkab Banyuwangi guna memfasilitasi pelestarian Musik Lokal dengan Bahasa Using. (Foto. Istimewa)
Festival Gending Using agenda tahunan Pemkab Banyuwangi guna memfasilitasi pelestarian Musik Lokal dengan Bahasa Using. (Foto. Istimewa)

Lestarikan Musik Lokal dengan Bahasa Using, Pemerintah Kabupaten Gelar Anugerah Musik Banyuwangi

BINTANGTENGGARA.NET, Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus memperkuat dukungannya terhadap perkembangan musik lokal dengan menggelar Anugerah Musik Banyuwangi (AMB).

Event bergengsi itu tidak hanya bertujuan untuk mendukung musisi lokal, tetapi juga untuk melestarikan warisan budaya bahasa Using.

Anugerah Musik Banyuwangi terdiri dari dua rangkaian utama, yaitu Lomba Cipta Lagu Using dan Festival Gending Using (FGU).

Lomba Cipta Lagu Using dibagi menjadi dua kategori, yaitu cipta lagu anak dan cipta lagu tentang kebanggaan pada Banyuwangi.

Budi Santoso, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Banyuwangi mengungkapkan bahwa penjurian karya lagu telah berlangsung dari 25 hingga 11 Mei 2024.

Pada kurun waktu itu ada 28 judul karya lagu untuk tema umum dan 9 judul karya lagu untuk tema anak masuk ke dalam penilaian juri.

Sementara itu, , Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi dalam pernyataannya menjelaskan pentingnya menjaga keberlanjutan musik berbahasa Using di tengah pesatnya perkembangan musik global saat ini.

Pihaknya ingin musik berbahasa lokal tetap eksis dan bersaing dengan genre lainnya. Lomba itu juga mencakup kategori cipta lagu anak guna mengisi kekosongan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka.

Menurut Ipuk, selain Lomba Cipta Lagu, AMB juga menampilkan Festival Gending Using yang menjadi ajang pencarian bakat bagi penyanyi baru Banyuwangi.

Audisi untuk kategori dewasa telah dilaksanakan pada 29 Juni dan 6 Juli 2024 dengan partisipasi 100 peserta, sementara audisi untuk kategori anak akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli ini.

Dia menjelaskan puncak acara Anugerah Musik Banyuwangi direncanakan akan diselenggarakan pada 31 Agustus 2024, di mana seluruh pemenang dari berbagai kategori akan diumumkan.

Dimana malam puncak itu, pihaknya juga akan memberikan penghargaan kepada insan musik Banyuwangi yang telah berkontribusi dalam memajukan musik lokal.

Tentu dengan digelarnya Anugerah Musik Banyuwangi, diharapkan semakin banyak generasi muda yang dapat terinspirasi untuk mencintai musik lokal dan berkontribusi memperkaya kebudayaan daerah. (RBT/Far)

About Fareh Hariyanto

Check Also

Perbaikan di Ruas Jalan Ahmad Yani Banyuwangi untuk Even Balap ITdBI 2024 terus dikebut. (Foto. Ebta Andharisandi)

Dinas PU-CKPP Banyuwangi Kebut Perbaikan Jalan Menjelang International Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Permukiman dan Perumahan (PU-CKPP) Banyuwangi terus mempercepat perbaikan jalan jelang perhelatan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *