Ayu Pastika isiteri Gubernur Bali, saat didaulat menjadi juri pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Bahan Pangan Lokal. (Foto. Repro)

Ayu Pastika Ajak Masyrakat Bali Optimalkan Bahan Pangan Lokal

Radiobintangtenggara.com, BALI – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ayu Pastika mengajak masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan bahan pangan lokal.

Harapan itu disampaikannya saat didaulat menjadi juri pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Bahan Pangan Lokal yang dirangkai dengan pencanangan gerakan diversifikasi pangan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali.
Menurut Ayu Pastika, Bali memiliki potensi pangan lokal yang sangat besar. Seperti ubi, singkong, keladi, suweg,  jagung dan lainnya. Pemanfaatan sumber pangan alternatif itu bisa menurunkan kebutuhan beras.

Menurutnya, banyak tumbuh-tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk pangan. Mulai dari akar, batang hingga daunnya. Kandungan gizi yang terkandung di dalamnya juga sudah teruji melalui hasil kajian.

Dengan sentuhan kreatifitas, berbagai bahan pangan lokal non beras itu bisa diolah menjadi menu yang enak dan nenggugah selera makan keluarga.

Terkait dengan acara Lomba, Ayu Pastika menyambut positif kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Ia menuturkan penilaian bagi para peserta telah mampu menggali potensi bahan pangan lokal non beras dan mengolahnya menjadi menu yang enak dan disajikan secara menarik.

Dia berharap, kegiatan semacam itu mampu memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan bahan pangan lokal non beras yang ada di sekitar lingkungan kediamannya.

YULIUS MARTONI

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Perbaikan di Ruas Jalan Ahmad Yani Banyuwangi untuk Even Balap ITdBI 2024 terus dikebut. (Foto. Ebta Andharisandi)

Dinas PU-CKPP Banyuwangi Kebut Perbaikan Jalan Menjelang International Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Permukiman dan Perumahan (PU-CKPP) Banyuwangi terus mempercepat perbaikan jalan jelang perhelatan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *